Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Saturday, March 19, 2011

Desain Convention Hotel di Semarang

Perspektif Bird Eye dari depan
Perspektif Bird Eye dari belakang


Sedikit share tentang desain saya saat masih duduk di Semester Lima yaitu Convention Hotel, bangunan ini memiliki 11 tingkat termasuk top floor. Hotel berlokasi di kawasan Pedurungan Semarang dimana tapak berada di sebelah GIANT. Hotel yang selain digunakan untuk penginapan namun juga untuk pertemuan pertemuan rapat dan juga meeting. Facade depan menggunakan material curtain glass wall, atap dibuat berbeda dari jenis atap lainnya.
Ground Floor Hotel
Tampak depan Hotel

Desain atap yang terinspirasi dari seorang arsitek besar Malaysia bahkan se-Asia yaitu Kenneth Yeang, yang banyak memadukan unsur garis dan lengkung pada bangunan bahkan atap. Beberapa sumber buku diperpustakaan UNIKA Semarang tentang Ken Yeang salah satunya adalah “Rethinking the Skyscraper, Recomplete architecture of Ken Yeang” banyak sekali desain Ken Yeang yang menunjukan bangunan yang mempertimbangkan unsur iklim Makro dan iklim Mikro disekitar bangunan. Walaupun begitu unsur estetika tetap mampu ditonjolkan oleh arsitek besar ini.

Detail Potongan top floor
Pada detail atap disamping di Top Floor, saya memberi jalusi sebagai pemecah sinar matahari arah barat yang sangat panas dan juga dapat memberikan udara didalam R. Mesin lift.

No comments:

Post a Comment