Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Saturday, March 19, 2011

Desain Art's Center di Semarang

Poster Portofolio Art's Center
Site Plan Bangunan
Sedikit share tentang project semester 7 dengan rancangan desainnya adalah kawasan art's center yang berlokasi dikawasan Semarang Timur, tepatnya berada di Jalan dr. Cipto Semarang. Berkonsepkan "Tebaran Pesona Cahaya" diharapkan mampu menjadi sebuah landmark.

Kata cahaya sendiri mempunyai berbagai macam arti, namun pada bentuk fisiknya sangat sulit diartikan. Karena cahaya sendiri bukanlah sebuah benda yang mampu diraba ataupun dipegang. Cahaya mampu dilihat dan dirasakan, dari perasaan itulah yang akan menimbulkan suatu feeling pada suatu objek entah ruang ataupun bangunan.

Dalam penerapannya bangunan utama terpisah menjadi 2bagian yaitu Bangunan Theater (warna merah) sebagai gedung pertunjukan dan latihan, juga Bangunan untuk Seni (warna biru) sebagai pameran patung, lukis, dll. diluar itu masih ada pasar seni dimana berdiri stand stand untuk menjual barang seni, Resto outdoor, Kantor pengelola, dan maintenance bangunan.
Denah, Potongan, Tampak Bangunan
Perspektif Eksterior dan Interior ruang pamer
Sebagai penerapan konsep cahaya, pada selubung luar bangunan maka digunakan ETFE atau Ethylene tetrafluoroethylene karena mampu memancarkan cahaya pada saat siang ataupun malam hari. ETFE adalah lapisan gelembung udara yang di jaga kelembungannya dengan tekanan udara kering, agar tekanan udara kering maka didalamnya menggunakan Air Inflated Structure.

No comments:

Post a Comment