Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Saturday, August 11, 2012

Cara Membuat Efek Air pada Render V-Ray 1.49 SketchUp 8 versi2

Hasil Akhir
Pada totorial efek air ini tidak jauh dari cara merender saat tutorial pertama, cara membuat efek air ini saya posting kembali karena pada postingan sebelumnya dari teman - teman sendiri banyak yang gagal.

Untuk objek rendering saya download dari 3DWarehouse disini, untuk settingannya disini saya hanya menunjukan step - step material air saja, berikut caranya :
Tambahkan Tex-Fresnel pada Reflection buat nilai 2 pada multiplier
Pada pilihan layer option saya buat default v-ray 1.49
Pada layer Maps tambahkan Bump dengan Tex-Noise dengan multiplier cukup 1.25
Tampilan Awal
Hasil Akhir
 nb :
1. Pada renderan ini di layer maps saya menggunakan bump bukan displacement, karena faktor lamanya rendering jika menggunakan displacement. Tentunya hasil dari renderan sendiri kurang maksimal, jika ingin lebih maksimal bisa dicoba sendiri dengan menggunakan displacement dan settingan-nya pun sama dengan cara saat menggunakan bump;
2. Sebelum menggunakan layer maps displacement, pada objek laut dihapus dan diganti menggunakan bidang 2D rectangle dan pastinya berikan material air laut yang sama;
3. Untuk lebih jelasnya masalah perbedaan antara bump dan displacement bisa dibaca di artikel ini.

10 comments:

  1. assalamu'alaikum....

    salam kenal, blogs nya sangat bagus sekali dan bermanfaat saya minta izin untuk menimba ilmu disini.

    saya punya pertanyaan, bagaimana caranya membuat kubah dengan sketch up? kebetulan saya sedang belajar corat coret dan akhirnya mentok utk urusan kubah ini.

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam mas ahmad sama2 belajar ya mas ahmad ...

      setau saya itu bs pakai tools follow me,, nanti saya posting tutorialnya kalau sempat makasih mas..

      Delete
  2. MAS KOK SAYA BUAT AIRNYA GAK JADI2 YA. ADA CARA AIN GAK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya cb berkalli kali pakai cara ini sering lancar2 aja mas ...

      sedikit tips dari saya mas kennada, cb objek air yang mau di efek dibuat rectangle tanpa pull kemudian di grup.. untuk settingan material bs ikut settingan diatas ..

      SEMOGA MEMBANTU ..

      Delete
  3. mas kenapa uda saya coba dua2nya gak berhasil ya? ada cara lain gak?

    ReplyDelete
  4. Slamat Siang Mas sigit, saya baru blajar sketchUp, Mohon saran untuk pemula, dan saya mau ijin nimba ilmunya juga mas,,
    Terimakasih. :)

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Cuman bantu gan, kalau kesulitan bisa kunjungi http://saidgank.blogspot.com/2017/04/tutorial-membuat-air-agar-realistis-di-VRAY-SKETCHUP.html
      Disitu juga ada kontak yang bisa dimintai bantuan.

      Delete