Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Saturday, October 8, 2011

Rencana Pagar dan Carport Rumah

3D Blueprint Architectural Design
     Sebenarnya untuk desain pagar ini sudah selesai sebelum saya berangkat KKN pada bulan Juli - Agustus 2011. Namun karena berhubung ada beberapa kendala internal pengerjaan menjadi mundur dan baru saja dimulai 3 minggu lalu. Revisi gambar beberapa kali mengingat kondisi eksisting rumah yang sudah lama dibangun namun tidak ada rencana untuk membuat pagar disamping rumah, dan perlu diketahui juga rumah ini berada dilerengan yang padat penduduk dan jalan didepan rumah hanya cukup untuk satu mobil dan satu motor. Sehingga bentuk pagar dan carport pada nantinya tidak merusak facade eksisting bangunan yang sudah ada.

KONDISI EKSISTING AWAL : 

     Pagar eksisting bangunan memiliki ketebalan sebesar kurang lebih 30cm karena menggunakan pasangan 1 batu. Untuk pelapis pagar luar hanya menggunakan sejenis kawat baja tebal yang sudah berkarat karena dari awal pertama pembangunan sampai sekarang belum diganti sama sekali. Didalam taman yang akan dibuat carport terdapat pohon rambutan dan beberapa pot - pot bunga.
Pagar depan yang memperlihatkan pilar dan pengisi pagar
Taman Samping yang akan dibuat carport
Tampak belakang pagar bila dilihat dari depan rumah
Pohon Rambutan dan pot - pot bunga

DESAIN  :


     Awal Desain carport hanya menggunakan besi hollow dengan arah lurus kedepan, mengingat bila menggunakan arah kedepan talang air yang jatuh akan mengenai dinding dan lama lama akan merusak dinding. Karena itu atap pada carport diganti lengkung dan terdapat dua talang disamping kanan dan kiri kanopi. Jatuhnya air hujan dari talang kanopi dibuat kebelakang dengan pipa masuk kedalam lantai dan keluar melalui carport (untuk jelasnya akan saya update detailnya setelah saya OL lagi hehe..) Untuk lantai carport desain awal menggunakan batu sikat namun karena mahalnya batu sikat akhirnya deigaanti dengan kerikil biasa yang dibagi menjadi 3 bagian dan di"selang seling" pada pemasangan kerikil. Sedangkan untuk pilar awalnya ingin menggunakan batu alam yang membentuk garis lurus horizontal, akhinya diganti menggunakan acian semen kasar yang ditekstur warna hitam.

     Untuk masalah pohon rambutan akhirnya ditebang konsep awal sebenarnya adalah ditanam dibelakang pagar utama. Namun karena ditakutkan makin lama pohon besar akan mengganggu struktur inti bangunan. Sedangkan untuk pot pot yang ada ditaman samping direncanakan dipindah ke Pagar depan bangunan, dengan cara cor diatas parit.
Gambar Kerja Denah Pagar dan Denah Atap
Gambar Kerja Potongan Bangunan
Gambar Kerja Tampak Bangunan 
Gambar Kerja Detail pagar
Gambar Kerja Potongan Pagar
Urutan dari Desain Awal Sampai Revivisi Akhir :
Perspektif Tampak Depan
Perspektif dari dalam carport
Perspektif Tampak Depan
Perspektif Tampak Depan
Perspektif dari belakang pagar
Perspektif Bird View(revisi kanopi, lantai carport, dan pagar)
Perspektif Tampak Depan pagar carport dan kanopi
Perspektif Tampak Depan detail pagar
Perspektif Tampak Depan full

Visualisasi 3D Tampak Depan Rumah (Finish)
PENGERJAAN :

     Dalam pengerjaan pagar dan carport ini, dari dimulainya pengerjaan sampai saya posting sekarang sudah berjalan hampir 3 mminggu. Beberapa kendala yang didapat dan paling besar adalah bagian talang yang ada dikanopi, karena berbentuk lengkung maka kanopi ini otomatis juga menempel tembok dengan talangnya juga. Mau tidak maau pipa untuk pembuangan harus kebelakang mengingat jika ditaruh didepan terlihat tidak rapi. Masalah lain jika ditaruh talang dibelakang juga harus memotong lantai yang ada diteras. Untuk jelasnya lihat di pengerjaanya :
Proses 1 : Pengambilan tanah saat pengerjaan carport
Proses II : Pembuatan lantai carport
Proses III : Selesai finishing lantai dengan atap kanopi
Proses IV : Pengecoran untuk pemasangan pintu pagar carport
Proses V : Selesai pemasangan hollow pada pagar
Proses VI : Selesai pemasangan hollow pada pagar (kecuali pintu pagar)
Proses VII : Selesai pemasangan hollow dan pintu pagar (sisa finishing akhir)
Selesai Pengerjaan Finishing pada pagar
Selesai Pengerjaan Finishing pada pagar (no.rumah jelek banget g sama seperti 3D)

3 comments: