Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Saturday, October 8, 2011

Mengenal pembuatan 3D dalam Desain Arsitektur


     Memang tidak ada habisnya kalo kita bicara tentang dunia arsitektur dan desain. Beberapa tahun yang lalu sekitar 5-6 tahun, saya sempat belajar untuk mengusai 3D cad. Hanya beberapa bulan belajar hampir materi pada 3D sudah mampu dipahami. Kalau diingat lagi pengerjaan yang hampir butuh waktu lama, walaupun dalam proses rendering lebih cepat. Keunggulan 3D Cad adalah presisi ukuran pada object yang dibuat oleh sipengguna. Lama kelamaan 3D cad semakin ditinggalkan karena prosesnya yang lama, kemudian saya coba coba belajar 3D max dimana render sangat mendekati nyata (walaupun hanya menggunakan mental ray). Tapi tetap saja modelling menggunakan Autocad karena modelling pada 3Dmax lebih rumit dengan banyaknya panel panel pada toolbarnya. walaupun begitu rendering pada 3Dmax lebih berat daripada menggunakan Autocad.

     Dilapangan gambar gambar 3D biasanya dijual mahal mau itu hanya gambar .jpg atau juga bentuk video. karena itu saati ini banyak orang semakin berlomba lomba untuk menguasai software 3D. Saat melihat tampilan sketch up pertama kali memang sangat diragukan pengaruhnya, kelebihannya modelling pada software ini sangat gampang walaupun digunakan seorang amatiran seperti saya. Coba lihat sceenshotnya dibawah :

3D Modelling menggunakan Autocad
3D Modelling menggunkan Sketch Up
3D Modelling menggunakan 3D Max
     Terlihat bagaimana modelling ketiga software yang digunakan sangat berbeda jauh, 3DCad yang penggunaanya lebih presisi dalam segihal ukuran namun pada tampilan belum maksimal terlebih lagi apabila dirender. Sketch Up yang gampang dalam modelling namun pas pasan dalam hasil akhir. 3Dmax yang gila gilaan dalam modelling dan rendering, tapi hasilnya paling maksimal saat dirender. Dari ketiga software yang sudah saya paparkan diatas memang tiap software ada keunggulannya masing masing. Keunikannya ketiga software diatas memang saling berhubungan, misalkan AutoCad dengan 3DMax yang modellingnya dapat digunakan menggunakan Cad dan Finishing menggunakan Max. Modelling Cad yang bisa difinishing menggunakan sketch up. Modelling sketch Up yang bisa difinishing menggunakan Max.

     Maksud dari pemaparan saya ini adalah apabila kita ingin menggunakan modelling cepat kita dapat menggunakan Sketch Up, apabila ingin presisi bisa menggunakan Cad. Dan jika ingin finishing pada gambar kit maksimal bisa menggunakan Max. Tapi belakangan ini sekitar 1 - 2 tahun terakhir saya baru tahu kalau ada plugin bernama "V-Ray" sebuah plugin rendering yang membuat render terlihat sangat realistis. Plugin ini bisa dipasang disoftware 3D apapun seperti Sketch Up dan 3D Max.
Rendering V-Ray 3DMax
Rendering V-Ray 3DMax
Rendering V-Ray Sketch Up
Rendering V-Ray Sketch UP
     Setelah lihat screen shot diatas saya sendiri juga pengen belajar V-Ray, terutama dari Sketch Up setelah dilihat hampir tidak ada perbedaan antara Max dengan Sketch Up. Untuk lebih jauhnya kalau mau belajar dari yang basic sampai advance browsing aja tutorialnya yang bnyak diInternet.

Rendering V-Ray SketchUp versi bahasa Indonesia masuk ke website ini --> Sang Guru

No comments:

Post a Comment