Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Friday, January 13, 2012

Cara membuat Reflect (Pantulan) di Sketch Up 8 dengan engine v-ray 1.49

     Sebelumnya untuk membuat reflection pada modelling 3D, kita perlu buat material terlebih dahulu ke modelling. Bisa langsung masuk ke "Paint Bucket" dan langsung apply,,atau cara yang lebih rumit masuk ke option pada v-ray kemudian klik new material dan ganti diffuse mengguakan material yang kita pakai. Untuk sementara saya menggunakan cara pertama yaitu menggunakan apply dari "paint bucket". 

Perlu diingat-ingat lagi untuk nama pada penggunaan material yang akan digunakan
      Misalkan nama yang saya gunakan untuk material adalah "Tile_Limestone_Multi". Klik huruf M atau material pada option v-ray. Klik kana pada nama material yang sudah kita buat misalkan Tile_Limestone_Multi pilih create layer dan terakhir klik ke reflection. Jika kita preview di kiri atas option v-ray terlihat objek yang kita beri reflection akan menjadi Krom, itu adalah teknik untuk membuat krom jadi kita tidak perlu men-setting ulang option-nya. Untuk membuat reflect pada permukaan bidang yang kita buat klik huruf "m" pada BRDReflection. Ubah "texture editor" menjadi "TexFresnel" kemudian OK, kita preview ulang hasilnya akan sebagai berikut.
Pilih nama material yang akan kita buat reflect dengan klik kanan Create Layer - Reflection
Secara Default reflection yang kita buat akan menjadi Material Krom, untuk menggantinya klik huruf M
Ganti Texture Editore dari none ke TexFresnel

Hasilnya akan sebagai berikut
     Berhubung ini adalah material untuk keramik, sehingga reflection untuk material keramik tidak sampai begitu terangnya. Kita bisa mengurangi Reflection dan Filternya menjadi 0,7 dan perlu diganti juga pada Glosiiness Hilight dan Reflection menjadi 0,9. Jika di preview hasilnya sebagai berikut.
Ubah size Reflection dan juga glossines-nya.

19 comments:

  1. bang, minta tutorial untuk bikin kaca dong.
    Selalu jadinya cermin nih. Tolong bantuannya.. :D

    ReplyDelete
  2. Bang mau tanya kalau mau buat effect pantulan cermin bagaimana ya di sketchup dengan Vray.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cermin dibuat krom aj jd kayak masukin reflect layer tp g perlu diubah fresnel dibiarin aja ..

      Delete
    2. Maksudnya Reflect Layer yang gimana ya bang?. Sorry pemula.. :) Ada tutorial yang bisa saya ikutin step-by step nya bang?
      Maksih.

      Delete
    3. Di artikel ini gambar no. 3 kan tutor buat krom ..

      Delete
  3. gan mau tanya :
    1. caranya bikin tekstur material lebih real
    2. caranya mirror component seperti mirror di autocad
    mohon bantuannya, thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. biasanya untuk tekstur material agar bs sedikit real main di effect bump sama dispacement .. dan menginggikan besaran subdiv di material yang kita pakai

      2. Agar komponen yang kita buat bs di mirror seperti di cad klik kanan objek ada flip along tinggal pilih mau di mirror dmn menurut dari sumbu axis yang dipakai ..

      Delete
  4. terimakasih,,,,ini sangat berguna sekali,,,,ayo mas bagi lagi ilmu yang lain,,,saya doakan sukses dunia akhirat,,,


    by dani

    ReplyDelete
  5. Mas, sy juga pemula, saya kalo render dgn v-ray masih menggunakan cahaya default nya, jadi selalu ada bayangan matahari, bagaimana mematikannya dan bagaimana pencahayaan yg kita inginkan, terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Pada saat ganti text editor jadi Texfresnel, tidak terjadi perubahan di Preview nya dan keramik itu hilang yang terjadi seperti kaca aja, apa yang salah yah, o iya... itu yang di rubah text editor untuk kelompok higlihgt atau untuk kelompok Reflection? atau dua duanya.... maaf yah nanya nanya....

    ReplyDelete
  7. mas,,gimana cara membuat huruf letter timbul memamkai material stainless??mohon bantuannya..thanks,salam kenal

    ReplyDelete
  8. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  9. Thanks mas, efek reflection ini yang paling penting dan sering kali digunakan!

    Kunjungan Balik Ya -> Toko Jam Tangan Unik

    ReplyDelete
  10. Gan klu material vismat ketika di render msih ada tlsan vismat itu gmna gan ? Mhon infonya

    ReplyDelete
  11. Gan klu stlah masukin vismat utk bhan render kok msih ada tulsan vismatnya itu gmna gan cara hilanginya mhon info ??

    ReplyDelete
  12. Mhon info cara hilangin tulisan material hpl taco sesudah dirender msih klihatan merk hpll taconya .mhon infonya bang ???

    ReplyDelete