Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Monday, February 6, 2012

Cara render objek Kaca pada v-ray SketchUp8

Contoh Model hasil Rendering
     Untuk rendering pada objek kaca ada beberapa macam cara diantaranya :

     1. File pada objek diberi vismat.
         Buka Klik modelling yang akan diberikan material kaca - buka file material ("m") kemudian klik kanan pada scene material pilih load material - pilih objek vismat - apply material to selection - render.
Pilih Objek kaca pada jendela
Load material v-ray dan apply ke objek
      2. Objek diberi material melalui "paint" 
         Cara ini adalah cara yang paling sering saya gunakan pada rendering, caranya seperti memberi material pada objek melalui paint. Setelah itu masuk ke material v-ray ("m") - klik kanan pada nama objek paint yang sudah kita beri (misal "kaca") pilih new layer - reflection - klik "m" pada reflection - beri tex editor menggunakan tex-fresnel - render.
Pilih material dan apply ke objek
Atur opacity untuk dapat mengatur transparansi pada kaca 
Pilih "m" untuk settingan
Pilih tex-fresnel pada tex-editor
      3. Membuat material kaca sendiri.
          Cara terakhir ini memang paling ribet dan paling sulit, cara membuatnya pun hampir sama seperti pada 2 cara sebelumnya. Bedanya untuk membuatnya klik dulu material yang akan diberi material kaca kemudian masuk ke material v-ray - klik kanan pada scene material - create material - vray default material. setelah itu masuk ke diffuse pada material baru - ubah warna dasar dan transprency material (semakin kearah warna putih semakin transparan, semakin mengarah ke hitam semakin tidak transparan). Setelah pemberian warna basic selesai pilih new layer - reflection - klik "m" pada reflection - beri tex editor menggunakan tex-fresnel - render.
Ubah warna dasar pada material
Pilih "m" untuk settingan
Pilih tex-fresnel pada tex-editor

5 comments:

  1. Replies
    1. Betul gan, lebih lengkap di blog sebelah, coba cek saja
      http://saidgank.blogspot.co.id/2017/04/membuat-cermin-kaca-pada-vray-sketchup.html
      Semoga membantu...

      Delete