Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Saturday, August 11, 2012

Perbedaan antara Displacement dan Bump

     Perbedaan antara efek bump dan displacement pada rendering V-Ray SketchUp sekilas sebenarnya hampir sama, tapi bila dikaji lebih detail lagi hasil dari bump tidak semaksimal pada hasil displacement. Perbedaannya sendiri dapat dilihat dari hasil ujicoba saya berikut ini, dimana saya merender 2 bidang batu alam dimana bidang pertama menggunakan displacement dan bidang kedua menggunakan bump.
Perbedaan antara efek Bump (2) dan efek Displacement (1) pada batu alam
     Hasilnya penampang ditiap bidang terlihat seperti lebih hidup dengan tekstur penampang batu di tiap bidang rendering. Namun jika dilihat lagi lebih jauh, terlihat pada bayangan permukaan pada bidang 1 tidak rata hal ini dikarenakan dari hasil efek displacement, sedangkan pada bidang 2 bayangan lurus  - lurus saja.
Perbedaan antara efek Bump (2) dan efek Displacement (1) pada air
     Ujicoba kedua saya lakukan dengan mencoba merender air untuk settingan bisa dilihat disini. Hasil dari keduanya terlihat penampang air terlihat bergelombang dan bayangan manusia yang ada didalamnya juga terpecah mengikuti frekuensi gelombang air. Sedangkan pada bidang air yang kedua tekstur air sendiri datar dan tidak bergelombang sama sekali namun pada bayangan manusia terlihat bergelombang mengikuti frekuensi air. Dari review saya ini bisa disimpulkan sekilas perbedaan antara bump dan displacement tidak beda jauh, namun secara detail hasil dari diplacement lebih maksimal dari bump.

KEUNGGULAN DISPLACEMENT
- Hasil renderan lebih maksimal dan terlihat riil,
- Saat merender kemampuan komputer terlihat "tidak dipaksa", karena saat merender, komputer bisa multitasking dengan mendengarkan lagu, main game, browsing, dll.
KEKURANGAN DISPLACEMENT
- Lamanya waktu rendering jika kita membuat objek rendering yang kompleks dan banyak detail dengan resolusi gambar HD.

KEUNGGULAN BUMP
- Hasil tidak terlalu buruk secara sekilas,
- Proses rendering yang tergolong lebih cepat dari displacement.
KEKURANGAN BUMP
- Hasilnya yang kurang bahkan jauh dari detail,
- Saat rendering tidak bisa multitasking bahkan hanya untuk muter lagu (kemungkinan ini cm dikomputer saya T.T, mungkin saat di kompi teman - teman bisa untuk multitasking).



TIPS & TRIK

Sedikit tips dari saya siapa tahu membantu, pada saat ingin menetapkan apakah objek ingin dibump atau displacement terlebih dahulu kita melihat objeknya. Saya berikan contoh saat membuat air laut pada rendering dibawah ini awalnya saya beri efek displacement. Jika dilihat dari preview hasil air sangat bagus, tapi lamanya render sangat lama 2 jam baru rendering ke2 dari 4kali rendering T.T. Kemudian saya ubah ke bump sekilas hasilnya tidak terlalu buruk dengan gambar kualitas HD yang selesai kurang dari 1/2 jam.
Hasil Rendering menggunakan efek Bump
Berbeda dengan contoh diatas contoh render dibawah ini lebih sadis lagi karena saya sendiri menggunakan efek displacement. jika misalkan saya menggunakan efek bump hasil akan terlihat aneh karena jarak sudut pandang dengan efek bump sangat dekat sehingga efek air akan terlihat datar, namun jika sudut pandang kita jauh dari efek bump sekilas memang tidak ada cacat, contohnya gambar diatas.
Contoh tutorial efek air ke1
Contoh efek air pada rendering The Lake House

9 comments:

  1. masterrrr pengen sekali saya bisa salah satu teknik ini masterrrr share tutorialnya dong masterrrrr

    ReplyDelete
  2. juragan kok di option sya tdk ada perintah cutoff di option.jadi tidak bergelombang.apa itu penyebabnya?

    ReplyDelete
  3. nice post gan... gambar yang bagus :D
    ====================================
    Kubah Masjd Murah hanya ada di, Mahkota Kubah dot net
    or free backlink4u click on INDpati

    ReplyDelete
  4. Boleh tau ga spek komputer agan? Mungkin sebagai referensi aja nih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini postingan lama gan, saya pakai P4, ram 2GB, vga 1gb ddr3 128bit bisa digunakan tapi lama banget, tp kalo sdh profesional mgkn lbh besar di prosesor ram sama vga khusus untuk grafis bukan game .

      Delete