Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Saturday, November 5, 2011

Mengenal Pembuatan 3D dalam desain Arsitektur part II

     Melihat tulisan sebelumnya Mengenal pembuatan 3D dalam Desain Arsitektur yang memuat deskripsi macam macam aplikasi dan plugin engine yang digunakan dalam pembuatan 3D, sekarang di part ke II saya mau tunjukan beberapa hasil rendering menggunakan software SketchUp 8 Pro dengan engine v-ray 1.48.66 for sketchup tentunya. Disini saya tunjukan dan comparing beberapa modelling sebelum dirender dan setelah dirender.

3D Modelling Rumah Desain Pagar dan Carport Rumah
Hasil Rendering
     Kalo dilihat diatas memang belum maksimal renderingnya, berhubung ini cuma untuk percobaan render dan juga masih belajar hehe..setelah dicoba - coba lagi rendering selama 2 - 3 minggu memang agak berbeda dari hasil renderingnya. Saya sempat bertukar ilmu dengan teman saya tentang SketchUp ini. hasilnya ternyata ada maerial VISMAT yang biasanya harus searching - searching dari internet untuk mendapatkanya. Bagi pemula seperti saya VISMAT sangat penting soalnya kita tinggal load VISMAT dan di apply ke komponen yang mau kita beri material yang hanya support v-ray tersebut. 
3D Modelling menggunakan VISMAT
3D Rendering menggunakan VISMAT
3D Modelling menggunakan VISMAT
3D Rendering menggunakan VISMAT
3D Rendering menggunakan VISMAT
3D Rendering menggunakan VISMAT
3D Rendering menggunakan VISMAT
     Selain menggunakan VISMAT ada juga HDRI suatu format gambar yang dapat digunakan untuk membuat kondisi sekitar objek render kita seperti real, sayang saya belum nyoba walaupun ada HDRI nya. Terakhir postingan gambar memperlihatkan gambar 3D kamar saya sendiri yang non menggunakan VISMAT ternyata nggak jelek jelek juga hehe.
3D Modelling tanpa menggunakan VISMAT
3D Rendering tanpa menggunakan VISMAT

1 comment: