Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Monday, February 6, 2012

Teknik Manipulasi Pendaran Cahaya pada Objek Rendering

Contoh objek yang rendering
     Pendaran Cahaya yang dimaksud disini adalah cahaya yang berasal dari barang - barang elektronik seperti Handphone, Televisi, Layar laptop, Layar Komputer dll. Sangat aneh juga kalo diliat - liat lagi seperti layar laptop yang hidup namun tidak ada cahaya yang keluar dari layarnya. Contohnya seperti berikut :
Contoh pada artikel sebelumnya

Contoh pada rendering pertama
     Maka dari itu kali ini saya akan coba beritahu bagaimana untuk membuat objek kita ini dapat berpendar cahaya hingga mirip aslinya. Caranya mudah berikut tutorialnya :
     1. Pada depan objek tampilan HP kita beri reclight dengan optionnya : "Double Sided" yang berfungsi pendaran cahaya mengenai objek tampilan menu HP dan juga mampu mengenai objek didepannya. Setelah itu check juga "Invisible" agar reclight kita tidak terlihat.
Beri reclight pada bagian depan layar HP
       2. Setelah setting reclight selesai terakhir kita beri option pada material lainnya.

Setting untuk warna basic HP
Setting emmisive layer pada tulisan "SAMSUNG"
Setting untuk penopang HP
Setting untuk lantai
Setting untuk emmisive Layer seri HP
Setting untuk posisi kamera "Fish Eye"
Setting Resolusi gambar

Cara render objek Kaca pada v-ray SketchUp8

Contoh Model hasil Rendering
     Untuk rendering pada objek kaca ada beberapa macam cara diantaranya :

     1. File pada objek diberi vismat.
         Buka Klik modelling yang akan diberikan material kaca - buka file material ("m") kemudian klik kanan pada scene material pilih load material - pilih objek vismat - apply material to selection - render.
Pilih Objek kaca pada jendela
Load material v-ray dan apply ke objek
      2. Objek diberi material melalui "paint" 
         Cara ini adalah cara yang paling sering saya gunakan pada rendering, caranya seperti memberi material pada objek melalui paint. Setelah itu masuk ke material v-ray ("m") - klik kanan pada nama objek paint yang sudah kita beri (misal "kaca") pilih new layer - reflection - klik "m" pada reflection - beri tex editor menggunakan tex-fresnel - render.
Pilih material dan apply ke objek
Atur opacity untuk dapat mengatur transparansi pada kaca 
Pilih "m" untuk settingan
Pilih tex-fresnel pada tex-editor
      3. Membuat material kaca sendiri.
          Cara terakhir ini memang paling ribet dan paling sulit, cara membuatnya pun hampir sama seperti pada 2 cara sebelumnya. Bedanya untuk membuatnya klik dulu material yang akan diberi material kaca kemudian masuk ke material v-ray - klik kanan pada scene material - create material - vray default material. setelah itu masuk ke diffuse pada material baru - ubah warna dasar dan transprency material (semakin kearah warna putih semakin transparan, semakin mengarah ke hitam semakin tidak transparan). Setelah pemberian warna basic selesai pilih new layer - reflection - klik "m" pada reflection - beri tex editor menggunakan tex-fresnel - render.
Ubah warna dasar pada material
Pilih "m" untuk settingan
Pilih tex-fresnel pada tex-editor

Saturday, January 14, 2012

Manipulasi Teknik DOF pada Objek Rendering

     Dari semua teknik fotografi hanya satu yang saya ketahui yaitu teknik Depth of Field atau DOF, teknik DOF ini memberi bagian objek yang fokus dan selebihnya objek tidak fokus atau blur. Contohnya sebagai berikut :
Contoh Teknik DOF
     Pada Arsitektur sendiri banyak yang menggunakan DOF sebagai salah satu teknik foto dalam mengimplementasikan desainnya. Saya akan memberi contoh cara memanipulasi object foto menjadi DOF seperti diFotografi menggunakan software GIMP. Saya ambil contoh foto dari artikel saya sebelumnya Teknik Kamera Fish Eye pada SketchUp.
Contoh Gambar yang akan dibuat DOF
     Pertama tama open file di GIMP, pada toolbar samping kanan tambahkan layer sampai 2 kali, dengan klik kanan pada layer background atau juga bisa Ctrl-Shift-D.

      Setelah membuat duplikat, klik pada layer Background Copy akan kita pertajam gambarnya dengan cara Filters - Enhance - Unsharp Mask.
      Stelah itu pada layer Background#1 kita akan membuatnya menjadi blur caranya dengan Filters - Blur - Gausian Blur.
      Terakhir menambahkan "mask" pada layer Background#1 dengan cara Layer - Mask - Add Layer
    Setelah selesai semua tinggal di Paintbrush atau bisa menekan tombol P, sapukan paintbrush pada object yang tidak dibuat Blur. dan hasilnya akan sebagai berikut :
Hasil Akhir Editing
Selamat Mencoba !!

Cara Membuat Efek Air pada Render V-Ray 1.49 SketchUp 8 versi ke - 1

     Setelah berminggu - minggu hampir sebulan saya mencoba trial & error membuat efek air akhirnya hari ini bisa juga,hehe. Uji coba pertama memang agak kurang baik karena air yang dirender tidak solid jadi hanya terlihat air dipermukaan atasnya saja, kebawahnya kopong atau tidak ada isinya.
Open File terlebih dahulu (contoh download dari Ronen Bekerman)
     Setelah open file masuk option material v-ray,,tambahkan reflection material air yang akan kita beri efek masuk ke settingannya (klik huruf "m") ganti TexEditor menjadi TexFresnel, kemudian perbesar size IOR dan RefractIOR menjadi 5. Setelah menambahkan Reflection untuk pantulan air kemudian kita tambah layer baru lagi yaitu Refraction kegunaanya adalah untuk membuat solid air sehingga tidak terlihat kopong, beri nilai 1,015 pada IOR Refraction-nya. Terakhir untuk membuat efek airnya sehingga terlihat bergelombang pada permukaannya kita masuk pada layer Maps dan check Displacement kemudian masuk kesettingannya ubah Texture Editor ke TexNoise dan beri ukuran sizenya menjadi 19. Terakhir tinggal render dan lihat hasilnya, hehehgh Selamat Mencoba. Berikut gambar settingannya :

Settingan untuk layer Reflection
Settingan untuk layer Refraction
Settingan untuk Layer Maps
Jika dalam mencoba masih gagal coba di cara ke - 2