Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Saturday, August 11, 2012

Perbedaan antara Displacement dan Bump

     Perbedaan antara efek bump dan displacement pada rendering V-Ray SketchUp sekilas sebenarnya hampir sama, tapi bila dikaji lebih detail lagi hasil dari bump tidak semaksimal pada hasil displacement. Perbedaannya sendiri dapat dilihat dari hasil ujicoba saya berikut ini, dimana saya merender 2 bidang batu alam dimana bidang pertama menggunakan displacement dan bidang kedua menggunakan bump.
Perbedaan antara efek Bump (2) dan efek Displacement (1) pada batu alam
     Hasilnya penampang ditiap bidang terlihat seperti lebih hidup dengan tekstur penampang batu di tiap bidang rendering. Namun jika dilihat lagi lebih jauh, terlihat pada bayangan permukaan pada bidang 1 tidak rata hal ini dikarenakan dari hasil efek displacement, sedangkan pada bidang 2 bayangan lurus  - lurus saja.
Perbedaan antara efek Bump (2) dan efek Displacement (1) pada air
     Ujicoba kedua saya lakukan dengan mencoba merender air untuk settingan bisa dilihat disini. Hasil dari keduanya terlihat penampang air terlihat bergelombang dan bayangan manusia yang ada didalamnya juga terpecah mengikuti frekuensi gelombang air. Sedangkan pada bidang air yang kedua tekstur air sendiri datar dan tidak bergelombang sama sekali namun pada bayangan manusia terlihat bergelombang mengikuti frekuensi air. Dari review saya ini bisa disimpulkan sekilas perbedaan antara bump dan displacement tidak beda jauh, namun secara detail hasil dari diplacement lebih maksimal dari bump.

KEUNGGULAN DISPLACEMENT
- Hasil renderan lebih maksimal dan terlihat riil,
- Saat merender kemampuan komputer terlihat "tidak dipaksa", karena saat merender, komputer bisa multitasking dengan mendengarkan lagu, main game, browsing, dll.
KEKURANGAN DISPLACEMENT
- Lamanya waktu rendering jika kita membuat objek rendering yang kompleks dan banyak detail dengan resolusi gambar HD.

KEUNGGULAN BUMP
- Hasil tidak terlalu buruk secara sekilas,
- Proses rendering yang tergolong lebih cepat dari displacement.
KEKURANGAN BUMP
- Hasilnya yang kurang bahkan jauh dari detail,
- Saat rendering tidak bisa multitasking bahkan hanya untuk muter lagu (kemungkinan ini cm dikomputer saya T.T, mungkin saat di kompi teman - teman bisa untuk multitasking).



TIPS & TRIK

Sedikit tips dari saya siapa tahu membantu, pada saat ingin menetapkan apakah objek ingin dibump atau displacement terlebih dahulu kita melihat objeknya. Saya berikan contoh saat membuat air laut pada rendering dibawah ini awalnya saya beri efek displacement. Jika dilihat dari preview hasil air sangat bagus, tapi lamanya render sangat lama 2 jam baru rendering ke2 dari 4kali rendering T.T. Kemudian saya ubah ke bump sekilas hasilnya tidak terlalu buruk dengan gambar kualitas HD yang selesai kurang dari 1/2 jam.
Hasil Rendering menggunakan efek Bump
Berbeda dengan contoh diatas contoh render dibawah ini lebih sadis lagi karena saya sendiri menggunakan efek displacement. jika misalkan saya menggunakan efek bump hasil akan terlihat aneh karena jarak sudut pandang dengan efek bump sangat dekat sehingga efek air akan terlihat datar, namun jika sudut pandang kita jauh dari efek bump sekilas memang tidak ada cacat, contohnya gambar diatas.
Contoh tutorial efek air ke1
Contoh efek air pada rendering The Lake House

Cara Membuat Efek Air pada Render V-Ray 1.49 SketchUp 8 versi2

Hasil Akhir
Pada totorial efek air ini tidak jauh dari cara merender saat tutorial pertama, cara membuat efek air ini saya posting kembali karena pada postingan sebelumnya dari teman - teman sendiri banyak yang gagal.

Untuk objek rendering saya download dari 3DWarehouse disini, untuk settingannya disini saya hanya menunjukan step - step material air saja, berikut caranya :
Tambahkan Tex-Fresnel pada Reflection buat nilai 2 pada multiplier
Pada pilihan layer option saya buat default v-ray 1.49
Pada layer Maps tambahkan Bump dengan Tex-Noise dengan multiplier cukup 1.25
Tampilan Awal
Hasil Akhir
 nb :
1. Pada renderan ini di layer maps saya menggunakan bump bukan displacement, karena faktor lamanya rendering jika menggunakan displacement. Tentunya hasil dari renderan sendiri kurang maksimal, jika ingin lebih maksimal bisa dicoba sendiri dengan menggunakan displacement dan settingan-nya pun sama dengan cara saat menggunakan bump;
2. Sebelum menggunakan layer maps displacement, pada objek laut dihapus dan diganti menggunakan bidang 2D rectangle dan pastinya berikan material air laut yang sama;
3. Untuk lebih jelasnya masalah perbedaan antara bump dan displacement bisa dibaca di artikel ini.

Tuesday, April 17, 2012

Making 3D Rendering "THE LAKE HOUSE"

     Tutorial step by step pembuatan 3D Rendering dari film The Lake House dengan menggunakan AutoCad 2008, SketchUp 8 Pro, V-Ray 1.48, dan Adobe Photoshop CS2
3D Modelling
Import 3D ke SketchUp 8
Material dan Teksture
Render Output (PostPro)
FINAL IMAGE ... !!

Download tutorial versi PDF via 4shared disini atau mediafire disini
Modelling Download via mediafire disini

Thursday, April 5, 2012

Rendering Pohon 2D agar terlihat maksimal di SketchUp8 dengan engine V-Ray 1.48

     Ada saatnya pada setiap kita render sangat membutuhkan vegetasi pada area bangunan kita, dan agar tampilan render maksimal sangat dibutuhkan vegetasi dengan bentuk 3D, tapi bagi para pengguna sketch-up yang spek PC sama dengan saya mungkin akan sedikit kerja keras bahkan bisa - bisa malah gak render sama sekali. Cara lain mungkin bisa di editing pada photoshop, yang tersulit pada photoshop adalah men-sinkronkan pohon dengan suasana (feel) render kita. Kalau memang harus ada pohon pada objek render kita maka bisa diakali melalui setting render option pada material 2D pohon.

     Pertama - tama mungkin bisa download di 3DWarehouse, pilih gambar 2D pohon kemudian download. Setelah download misalkan pada contoh gambar dibawah. Setelah dirender hasilnya memang SUPER BURUK, karena bisa dilihat pohon agak berwarna putih dan parahnya akibat warna putih itu bayangan pohon solid. Untuk membuat agak riil buka setting material kemudian centang pada "Use Color Texture for Transparancy" pada layer Diffuse. Setelah itu coba dirender hasilnya pasti akan lebih baik.

SELAMAT MENCOBA ..

Tampilan Awal pada Layout SketchUp
Hasil rendering "buruk rupa"
Centang Transparancy pada layer Diffuse
Hasil Rendering