Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Tuesday, March 27, 2012

Membuat Displacement genteng menggunakan SketchUp8 dan engine V-Ray 1.49

     Dalam pembuatan Displacement genteng atap,settingan tidak seribet pada penggunaan displacement seperti pada efek air dan efek rumput. Disini saya akan berikan 2 contoh displacement dan cara setting-nya. Pertama buat material diffuse menggunakan material genteng biasa.
Material Diffuse
Settingan Diffuse untuk material Atap
     Setelah diffuse selesai tinggal buat bump untuk efek atap agar terlihat melengkung..

Bump yang nantinya akan dipakai
Settingan untuk bump

Tampilan awal
Hasil Rendering

     Untuk variant ke-2 sedikit sama saja untuk settingnanya tapi yang berbeda hanya jenis material dan bump saja.
Untuk Diffuse
Untuk Bump
Tampilan Awal
Hasil Rendering

Wednesday, March 7, 2012

Membuat Efek Bump dan Displacement Rumput pada Render vray sketch-up 8

Contoh Hasil render Bump dan Displacement
     Pada setiap render untuk rumput ataupun karpet seringkali terlihat tidak nyata, beberapa cara sudah saya coba diantaranya bump menggunakan tex-bitmap dari monochrome object bump juga sampai menggunakan vismat, menggunakan plugin dari skechup "fur", bahkan juga harus susah2 menggunakan PS (photoshop) sebagai postpro yang agak ribet. Dari situ saya coba2 browsing pembuatan rumput dan mendapatkan tutorial disini, disini saya posting ulang karena dari contoh tersebut masih menggunakan engine v-ray yang lama.
     Akhirnya dari situ ujicoba pertama langsung berhasil, berikut settingannya (untuk bump rumput dan bump karpet settingnya sama saja).
Scene tampilan awal
masuk option layer "maps" check pada Bump dan displacement, klik "m" pada bump
pada tex-editor pilih "tex-blend", klik "m" pada Texture A
pilih noise pada tex-editor dengan nilai amplitude 1 dan size-nya 20, klik OK
setelah itu masuk texture B dan klik "m'
pilih tex-bitmap pada texture editor kemudian input file bump
Setelah setting bump selesai klik "m" pada displacement
pada tex-editor pilih "tex-blend", klik "m" pada Texture A
pilih noise pada tex-editor dengan nilai amplitude 1 dan size-nya 20, klik OK
setelah itu masuk texture B dan klik "m'
pilih noise pada tex-editor dengan nilai amplitude 1 dan size-nya 0.03, klik OK
     Terakhir perbesar nilai multiplier dari bump dan displacement. Karena disetiap komputer dan setiap layout pasti akan berbeda - beda ukuran size-nya.
Contoh render rumput jika diperdekat

Contoh - Contoh render lain

Simple Room - Make grass + IES @.@
Ferrari 480 Italia
"Kuda Jingkrakku :p"
nb :
1. untuk mendapatkan file bump displacement dan material rumput klik disini;
2. apabila sudah mencoba tutorial diatas namun masih tidak bisa keluar bump perlu dinaikan size pada maps bump ataupun ,maps displacement;
3. keluar tidaknya efek bump ini sangat berpengaruh juga pada sudut pandang yang diambil.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.