Anti CoPas

Silakan Komen

Silahkan beri Masukan, Kritik, ataupun Saran melalui comment - comment pada artikel diBlog ini - semoga apa yang saya share di blog ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Monday, February 6, 2012

Teknik Manipulasi Pendaran Cahaya pada Objek Rendering

Contoh objek yang rendering
     Pendaran Cahaya yang dimaksud disini adalah cahaya yang berasal dari barang - barang elektronik seperti Handphone, Televisi, Layar laptop, Layar Komputer dll. Sangat aneh juga kalo diliat - liat lagi seperti layar laptop yang hidup namun tidak ada cahaya yang keluar dari layarnya. Contohnya seperti berikut :
Contoh pada artikel sebelumnya

Contoh pada rendering pertama
     Maka dari itu kali ini saya akan coba beritahu bagaimana untuk membuat objek kita ini dapat berpendar cahaya hingga mirip aslinya. Caranya mudah berikut tutorialnya :
     1. Pada depan objek tampilan HP kita beri reclight dengan optionnya : "Double Sided" yang berfungsi pendaran cahaya mengenai objek tampilan menu HP dan juga mampu mengenai objek didepannya. Setelah itu check juga "Invisible" agar reclight kita tidak terlihat.
Beri reclight pada bagian depan layar HP
       2. Setelah setting reclight selesai terakhir kita beri option pada material lainnya.

Setting untuk warna basic HP
Setting emmisive layer pada tulisan "SAMSUNG"
Setting untuk penopang HP
Setting untuk lantai
Setting untuk emmisive Layer seri HP
Setting untuk posisi kamera "Fish Eye"
Setting Resolusi gambar

Cara render objek Kaca pada v-ray SketchUp8

Contoh Model hasil Rendering
     Untuk rendering pada objek kaca ada beberapa macam cara diantaranya :

     1. File pada objek diberi vismat.
         Buka Klik modelling yang akan diberikan material kaca - buka file material ("m") kemudian klik kanan pada scene material pilih load material - pilih objek vismat - apply material to selection - render.
Pilih Objek kaca pada jendela
Load material v-ray dan apply ke objek
      2. Objek diberi material melalui "paint" 
         Cara ini adalah cara yang paling sering saya gunakan pada rendering, caranya seperti memberi material pada objek melalui paint. Setelah itu masuk ke material v-ray ("m") - klik kanan pada nama objek paint yang sudah kita beri (misal "kaca") pilih new layer - reflection - klik "m" pada reflection - beri tex editor menggunakan tex-fresnel - render.
Pilih material dan apply ke objek
Atur opacity untuk dapat mengatur transparansi pada kaca 
Pilih "m" untuk settingan
Pilih tex-fresnel pada tex-editor
      3. Membuat material kaca sendiri.
          Cara terakhir ini memang paling ribet dan paling sulit, cara membuatnya pun hampir sama seperti pada 2 cara sebelumnya. Bedanya untuk membuatnya klik dulu material yang akan diberi material kaca kemudian masuk ke material v-ray - klik kanan pada scene material - create material - vray default material. setelah itu masuk ke diffuse pada material baru - ubah warna dasar dan transprency material (semakin kearah warna putih semakin transparan, semakin mengarah ke hitam semakin tidak transparan). Setelah pemberian warna basic selesai pilih new layer - reflection - klik "m" pada reflection - beri tex editor menggunakan tex-fresnel - render.
Ubah warna dasar pada material
Pilih "m" untuk settingan
Pilih tex-fresnel pada tex-editor